Jumat, 09 Januari 2009

Rudal 45 Kilo Tewaskan Bos Al Qaeda Pakistan

Peta konflik pakistan
Jumat, 9 Januari 2009 | 14:42 WIB

WASHINGTON, JUMAT — Pimpinan Al Qaeda Pakistan dan prajuritnya berpangkat letnan tewas dalam serangan rudal dari pesawat tak berawak milik AS.

Seorang pejabat kontra-terorisme AS kepada AFP, Kamis (8/1) malam, meyakini bahwa pimpinan Al Qaeda tersebut adalah Usama al-Kini, seorang berkebangsaan Kenya.

Pejabat yang tidak menyebutkan nama itu menjelaskan, Usama bertindak sebagai kepala operasi Al Qaeda di Pakistan dan prajurit berpangkat letnan adalah Sheikh Salim Swedan.

"Ada banyak alasan untuk meyakini bahwa dua tokoh teroris terkemuka itu meninggal," kata sumber itu. Ia menambahkan bahwa kedua orang itu tewas pada pekan lalu.

Para pejabat meyakini bahwa Al-Kini berada di balik serangan bom mobil September 2008 di Hotel Marriott, Islamabad, yang menewaskan 60 orang. Dia juga terlibat pada upaya pembunuhan terhadap almarhumah Perdana Menteri Pakistan, Benazir Bhutto.

Sumber pada kontra-intelijen tidak mengatakan bagaimana orang tersebut tewas, tetapi menurut surat kabar Washington Post yang pertama kali memberitakan hal itu, tokoh operasi Al Qaeda tersebut tewas dalam serangan rudal, 1 Januari di Pakistan utara.

Para gerilyawan tewas setelah dihantam dengan rudal Hellfire berbobot 45 kilogram dari pesawat tak berawak yang dioperasikan oleh Badan Intelijen Pusat (CIA), kata laporan Washington Post.

Namun, CIA menolak memberi komentar mengenai serangan itu, tetapi seorang pejabat mengatakan kepada Washington Post bahwa orang itu dibunuh dalam suatu serangan terhadap gedung yang digunakan untuk latihan peledakan.

"Mereka tewas saat menyiapkan aksi-aksi teror baru," kata pejabat itu yang tak bersedia disebut jati dirinya.

Dua orang itu juga dikenal sebagai tokoh yang paling dicari oleh FBI berkaitan dengan aksi-aksi pengeboman 1998 di kedutaan AS di Afrika Timur.


sumber:kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar